membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Tuesday 9 August 2016

7 cara jitu mengatasi android sering restart sendiri

semakin majunya teknologi,semakin majunya jaman, berbagai macam smartphone pun mulai bermunculan, dari yang spesifikasi nya low, hingga yang hight. namun di sisi lain, timbul pula berbagai masalah yang harus di hadapi. 

android adalah sistem operasi terbaik saat ini selain Iphone. berbagai masalah yang ditemui dalam android pun beragam, salah satunya yaitu android yang sering restart sendiri. masalah ini cukup menganggu apalagi jika sudah parah, seperti smartphone salah satu teman saya, dalam waktu 1 menit eh sudah kembali restart sendiri. maka dari itu, jangan membiarkan masalah ini berlanjut, karena bisa berbahaya, segera tangani sebelum makin parah.  berdasarkan pengalaman, solusi terbaik menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan factory reset. namun jangan khawatir, karena masih ada cara lain lainnya yang akan saya jelaskan di bawah. namun sebelum itu, anda perlu tau berbagai penyebab yang membuat android anda sering restart sendiri.




masalah ini biasa terjadi pada android karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga RAM dan CPU tidak mampu lagi menjalankannya. selain itu, beberapa penyebab android yang sering restar sendiri, antara lain:



1. aplikasi yang crash




crash diartikan sebagai suatu kondisi di mana sistem mengalami kegagalan pada saat melakukan suatu proses yang mengakibatkan sistem gagal berfungsi. hal ini disebabkan karena bentrokan suatu perangkat. crash aplikasi merupakan bentrokan antara aplikasi itu sendiri dengan sistem android. ini menjadi salah satu penyebab android mengalami restart sendiri.

2. pengaturan sistem yang keliru

tahukah anda, bahwa merubah - rubah pengaturan smartphone anda tanpa paham betul dengan apa yang anda lakukan dapat menyebabkan pengaturan sistem mengalami error. berbagai macam perubahan pengaturan seperti menggunakan akses root dapat membuat sistem menjadi keliru. hal ini dapat membuat android menjadi hang, mati atau restart sendiri.

3. aplikasi yang tidak kompatibel


beberapa aplikasi mungkin tidak compatibel dengan smartphone anda, sehingga apabila anda memaksakan untuk menginstalnya, hal ini dapat membuat sistem mau bekerja sehingga dapat membuat android sering restart sendiri.

4. terlalu banyak aplikasi

seperti yang telah saya sebutkan di atas, terlalu banyak aplikasi dapat membuat RAM dan memori menjadi penuh, hal ini tidak hanya membuat android menjadi hang, tetapi juga bisa menyebabkan android mati total secara tiba - tiba, selain itu restart sendiri merupakan salah satu dampaknya

pelajari cara back up aplikasi (simpan file atahan)

5. performa perangkat sudah menurun

penyebab yang satu ini memang tidak bisa dielakkan, dengan pemakaian android yang sudah cukup lama, misal nya 2-3 tahun, maka performa nya pun akan menurun.

6. banyaknya cache sisa file dan aplikasi

perlu diketahui bahwa penggunaan cache dapat membuat android restart sendiri. penyebab penumpukan cache itu sendiri karena kita malas untuk membersihkannya. 

7. sistem butuh update

mungkin bisa jadi salah satu penyebab android sering restart itu adalah karena sistem yang digunakan sudah usang, anda perlu meng update nya agar memperlancar menjadikan sistem lebih baik lagi.

8. virus yang masuk ke sistem

jika penyebab smartphone anda restart sendiri karena virus, ini cukup berbahaya, karena virus dapat merusak dan mencuri data anda. tapi tenang, di bawah saya akan memberikan solusi yang jitu, agar smartphone anda kembali normal.

di atas sudah dibahas mengenai beberapa penyebab umum android sering restart sendiri. sekarang apabila anda sudah tahu penyebab nya, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan? jangan mengulangi hal - hal yang di atas lagi, yang menjadi pemicu android sering restart sendiri.

oke sekarang langsung saja ke pembahasan. sebelum anda melakukan cara terbaik yang saya berikan di atas, yaitu factory reset. sebaiknya coba dulu beberapa cara lain yang semoga saja berhasil mengatasi permasalahannya. berikut cara mengatasi android yang sering restart sendiri.

7 cara jitu mengatasi android yang sering restart sendiri

1. hapus lah aplikasi yang tidak kompatibel


karena salah satu penyebab android sering restart sendiri adalah aplikasi yang tidak kompatibel, maka anda harus menghapusnya agar sistem berjalan normal kembali. lihat apakah smartphone masih restart sendiri, apabila iya, gunakan cara yang kedua ini.

2. periksalah dan perbarui sistem

cobalah untuk meng update sistem agar lebih meningkatkan stabilitas sistem sehingga sistem tidak mengalami error. cara nya masuk ke setting > tentang ponsel > cek pembaruan sistem

3. hapus cache

menghapus cache berarti memberikan ruang yang lega bagi memori, sehingga sistem akan berjalan lancar tanpa ada gangguan lagi. anda bisa menggunakan aplikasi agar lebih memudahkan dalam penghapusan cache, seperti clean master, dan lain sebagainya.

4. hapuslah beberapa aplikasi yang tidak penting

seperti yang telah disebutkan tadi, banyaknya aplikasi dapat membuat RAM dan memori penuh, ini adalah satu penyebab android restart sendiri. nah untuk menanganinya, hapus lah aplikasi, serta file foto atau video yang sekiranya tidak penting.

5. gunakan antivirus


antivirus dapat mengecek sistem anda secara berkala agar terlindung dari adanya virus yang dapat merusak sistem anda. jika android anda sudah terkena virus, jangan khawatir. periksalah jenis virus tersebut dan gunakan antivirus yang sesuai. berdasarkan pengalaman, antivirus yang saya gunakan adalah stubborn trojan killer untuk membunuh virus trojan. aplikasi yang lainnya seperti ESET juga bagus.

6. Factory Reset

apabila semua cara di atas sudah dilakukan namun tidak berhasil, mungkin cara ini yang efektif menurut saya pribadi yaitu dengan factory reset. Factory Reset atau reset data pabrik adalah mengembalikan sistem seperti semula, seperti baru beli. factory reset berarti menghapus semua  aplikasi yang kita instal, selain itu juga kontak, foto, video dan file - file lainnya yang kita simpan dalam memori internal. caranya yaitu masuk ke pengaturan > cadangan dan setel ulang >kembali ke pengaturan pabrik > ya.


7. flashing

cara ini hanya untuk tambahan, jika memang benar anda niat untuk melakukannya anda bisa pergi ke counter terdekat, namun biasanya dikenakan biaya, biasanya tarifnya 50.000 namun itu tergantung daerahnya masing - masing.

8. upgrade smarthphone

ketujuh cara di atas masih tidak berhasil? mungkin cara ini adalah solusi terbaiknya, namun dibutuhkan dana, karena cara ini adalah membeli smartphone baru, yang lebih baru, dengan kapasitas RAM dan memori yang besar, spesifikasi yang mumpuni, maka  anda tidak akan menemui lagi dengan masalah yang sedang di bahas dalam artikel ini. saya yakin itu.



demikian artikel kali ini. terima kasih telah berkunjung ke droidnetter.bogspot.com, jangan lupa like and share.

salam tutorial !!

baca juga: 2 cara lacak android yang hilang dan terbukti berhasil

1 comment: