membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Monday 8 August 2016

8 cara ampuh mengatasi android yang sering lag dan hang

selamat siang sahabat blogger, semoga sehat selalu. oke sekarang saya akan share pengalaman saya ketika hp android saya sering mengalami gangguan lag dan hang. seperti yang kita ketahui, lag adalah kondisi layar yang patah - patah dan hang adalah suatu kondisi di mana hp android kita tidak berfungsi dengan semestinya. penyakit android ini cukup umum di kalangan pengguna android entry-level. Namun demikian akan berbahaya apabila dibiarkan terus - menerus, hal ini dapat menyebabkan android menjadi rusak bahkan mati total. maka dari itu, kita perlu mengetahui penyebabnya dan mencari solusinya.

baca juga: cara mudah mengatasi android yang tiba - tiba mati total





beberapa penyebab android lag/hang antara lain:

1. kapasitas RAM yang tidak memadai

RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada android maupun komputer yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara. cara kerjanya yaitu dengan menyimpan dan menyuplai data penting yang dibutuhkan oleh processor secara cepat dan di proses menjadi informasi. dengan kata lain bahwa RAM adalah memori tempat penampungan data ketika sebuah aplikasi di jalankan.

nah apabila anda tidak mempunyai RAM yang cukup besar misalnya hanya 512 MB, kemudian anda menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu maka android akan sering sering mengalami lag/hang karena RAM tidak mampu menampung data lagi. itu salah satu kemungkinan besar yang menjadi penyebabnya.

2. memori  internal penuh

penyebab lag/hang yang kedua adalah karena memori internal di hp penuh. banyaknya aplikasi yang di instal, foto dan video yang mengisi ruang memori internal ini dapat menjadi penyebab memori menjadi penuh. apabila memori penuh maka kemungkinan android anda mengalami hang.

3. terkena virus

 virus adalah sebuah software yang berbahaya yang bisa merusak sistem operasi. apabila android anda mengalami lag, tetapi RAM dan memori internal masih mempunyai ruang besar yang tersisa, mungkin bisa jadi virus adalah penyebab nya. virus dapat menyerang android anda apabila anda sembarangan menginstal aplikasi yang tidak diketahui keamanannya.



nah sesuai dengan judul artikel, di sini okeh tutorial akan berbagi mengenai cara mengatasi android yang sering. simak caranya di bawah ini

cara mengatasi android yang sering lag dan hang



1. jangan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

seperti yang telah kita ulas di atas, menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dapat membuat RAM menjadi penuh dan membuat android menjadi lag dan akhirnya hang. maka dari itu jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan, oke?


 2. pindahkan aplikasi ke memori external

apabila sebelumnya anda menyimpan aplikasi di memori internal, agar tidak mengalami hang kembali, maka sekarang anda harus memindahkannya ke memori eksternal. caranya masuk ke pengaturan=>aplikasi=>pilih aplikasi yang ingin dipindahkan=>pindahkan ke kartu SD. usahakan aplikasi yang akan dipindahkan bukan hanya 1 atau 2, kalau bisa semuanya agar memberikan ruang lega untuk memori internal.


3. hapus aplikasi yang tidak terpakai 

kebanyakan orang setelah menginstal aplikasi  tidak ingin menghapusnya kembali karena sayang sama kuota, karena sudah capek nginstal aplikasi eh malah harus dihapus kembali. mereka terus menginstal aplikasi tanpa menghapusnya dan pada akhirnya dapat membuat memori penuh dan memperlambat kinerja ponsel. maka dari itu, hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak penting, selain dapat meringankan kinerja ponsel, penghapusan aplikasi juga dapat menghindari terjadinya lag dan hang.


4. hapus juga berbagai file foto dan video yang sekiranya tidak penting


sama seperti halnya menghapus aplikasi, menghapus file foto dan video juga dapat memberi ruang bebas pada memori sehingga hang pun tidak terjadi.


5. gunakan history eraser untuk menghapus cache

 history eraser merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu menghapus apapun dengan mudah. cara ini efektif mengatasi android lag/hang dan sudah terbukti berhasil. caranya yaitu, masuk ke history eraser, cache yang memenuhi ruangan memori dengan cara clear all apps cache. Hapus juga hal lain yang dirasa menurut anda tidak begitu penting, dengan clean selected.

7. gunakan antivirus

karena salah satu penyebab android mengalami lag dan hang adalah karena virus, maka cara yang tepat mengatasinya adalah dengan menginstal antivirus. instal lah antivirus yang benar - benar bisa menghapus virus. 

8. reset data pabrik

apabila semua cara diatas sudah dilakukan, namun masih tetap mengalami lag/hang. cara terakhirnya adalah dengan mereset data pabrik. sekali lagi ini adalah cara terakhir, karena hal ini dapat membuat keseluruhan data anda hilang. dengan mereset data pabrik, android anda akan kembali seperti semula bagaikan hp yang baru di beli. android akan bersih dan tidak lag maupun hang lagi.






demikianlah tutorial cara mengatasi android yang sering mengalami lag dan hang. apapun masalahnya pasti bisa ada penyelesaiannya.  semoga apa yang saya sampaikan di artikel ini dapat mengatasi masalah yang sedang anda alami pada android anda. sekian artikel kali ini,  jangan lupa share, dan like fanspage fb saya di bawah pojok kanan. terima kasih sudah berkunjung.


baca juga: 5 cara ampuh mengatasi android force close





1 comment: