membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Saturday 13 August 2016

cara jitu membersihkan virus bandel di android terbukti berhasil

pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 5 cara membersihkan virus bandel di android yang sudah terbukti terbukti.




seperti yang kita ketahui, android merupakan sistem operasi ternama saat ini, yang mana telah memenuhi pasaran gadget di seluruh dunia termasuk indonesia. dan sampai saat ini pengguna android di indonesia terus bertambah banyak, hal ini karena di dorong oleh kecanggihan android yang kian hari makin keren saja. berbagai tipe android pun bermunculan mulai dari spesifikasinya rendah sampai spesifikasi yang mumpuni.

datangnya sistem operasi ini membawa dampak yang baik maupun buruk. dampak baiknya, dengan kita lebih mudah dalam melakukan segala hal, baik itu bermain game, untuk keperluan bisnis, dan lain sebagainya. namun di sisi lain, masih ada saja orang yang mempunyai niat jahat untuk meretas sistem android tersebut. tujuannya bermacam - macam, ada yang ingin mengambil/mencuri data, mengendalikan OS tersebut dari jarak jauh, dan lain sebagainya. namun pada dasarnya mereka hanya ingin mencari keuntungan, dan kita yang di rugikan.

selain virus, ada juga peretas lainnya yang cukup berbahaya seperti malware, trojan, dan lain sebagainya. dampak yang ditimbulkan pun cukup parah, mulai dari instal aplikasi sendiri, sampai kerusakan yang paling parah yaitu android benar - benar tidak bisa kita gunakan lagi.

baca juga: mengatasi aplikasi instal sendiri di android

virus atau malware adalah salah satu masalah yang cukup serius di kalangan pecinta gadget android. karena dampak yang ditimbulkan dapat menghambat pengguna android dalam menjalankan aktivitas smartphone nya. oleh karenanya penting untuk menjaga android kita supaya tidak terkena virus lagi. bagaimana jika sudah terlanjur virus masuk ke sistem android kita? tenang, minum kopi dulu biar ga panik.

biasanya virus menyerang kita dengan cara menempel pada sebuah aplikasi, ketika aplikasi tersebut kita instal maka otomatis virus akan langsung  masuk ke sistem dan berpura - pura menjadi bagian dari sistem android kita. ini yang berbahaya, virus menjadi susah untuk kita hapus.

ketika android anda terkena serangan virus, jangan khawatir, karena di sini saya akan berbagi cara menghilangkan dan membersihkan virus tersebut dari android anda sebersih mungkin tanpa tersisa sedikit pun.


so langsung saja, simak

cara jitu membersihkan virus bandel di android terbukti berhasil


1. lakukan factory reset

salah satu cara menghapus virus di android adalah dengan factory reset / kembali ke pengaturan pabrik. factory reset tidak hanya berfungsi untuk menghapus virus saja, tetapi juga berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan android lainnya.

nah untuk menghapus virus melalui factory reset ada dua cara, yaitu melalui pengaturan dan melalui recovery mode.

apabila ingin melakukan factory reset melalui pengaturan, caranya:


  • masuk ke pengaturan
  • pilih cadangan & setel ulang
  • kembalikan ke pengaturan pabrik
  • apabila diminta masukkan sandi atau pola kunci android anda, kemudian pilih ok
  • tunggu android anda akan melakukan setel ulang pabrik.
  • selesai
apabila anda akan melakukan  factory reset melalui recovery mode, maka:


  • pastikan baterai android anda tidak kurang dari 50%
  • matikan smartphone anda
  • tekan dan tahan tmbol power + volume down secara bersamaan dala beberapa detik
  • android akan otomatis masuk ke recovery mode
  • pilih wipe data / factory reset, kemudian pilih ok
  • android akan memulai proses reset data pabrik
  • selesai
pada mode recovery ini, anda tidak bisa menggunakan layar sentuh, untuk melakukan navigasi anda bisa menggunakan:


  • tombol volume up untuk menggeser ke atas
  •  tombol volume down untuk menggeser ke bawah
  • tombol home untuk memilih
oh iya perlu diketahui juga,  untuk masuk ke recovery mode tiap tipe android berbeda - beda. cara di atas saya contohkan dengan menggunakan hp xiomi redmi note 3. untuk melihat cara masuk recovery mode tipe lainnya anda bisa melihatnya di sini. anda akan menemukannya dengan cara geser saja terus ke bawah.

melakukan factory reset memang cara yang paling mudah, namun dengan melakukannya akan menghapus semua file yang ada di memori internal, baik itu file berupa video, foto, aplikasi dan lain - lain. maka anda anda bisa mencadangkannya ulang (backup terlebih dahulu) sebelum melakukan factory reset.

baca juga: cara melakukan backup aplikasi

biasanya dengan melakukan factory reset, berbagai virus dan malware juga akan ikut terhapus sehingga android anda pun terbebas dari gangguannya lagi.

apabila anda tidak mau melakukan cara di atas karena takut semua file anda hilang, atau anda sudah melakukannya namun ternyata gagal, virus masih ada dalam android anda, coba gunakan cara yang kedua ini.

2. hapus virus melalui safe mode / mode aman


dengan masuk ke safe mode, artinya android anda hanya akan beroperasi dalam mode aman saja. aplikasi yang ada pada saat safe mode hanya aplikasi bawaan saja, tanpa ada aplikasi pihak ketiga. dengan cara ini, kita akan melihat dengan jelas virus yang menyerang android kita.

dan dengan safe mode pula kita dapat menghapus virus maupun malware yang mengganggu adroid kita.

cara masuk ke safe mode

oleh karena cara masuk safe mode untuk setiap tipe android berbeda - beda, terlebih dahulu anda cari di search engine dengan kata kunci "masuk safe mode [tipe android anda]"
di sini saya contohkan masuk ke safe mode untuk hp samsung galaxy.

1. restart hp android anda, atau matikan kemudian hidupkan lagi

2. pada saat muncul logo samsung, segera tekan tombol volume down dalam beberapa detik

3. maka otomatis android anda akan masuk ke safe mode/mode aman

cara membersihkan virus melalui safe mode

setelah anda berhasil masuk ke mode aman, langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi yang sekiranya mencurigakan. biasanya akan terlihat mana aplikasi bawaaan dan mana aplikasi pihak ketiga. caranya:

1. buka pengaturan, kemudian pilih manager aplikasi.

2.perhatikan baik - baik aplikasi satu persatu. karena pada saat mode aman yang muncul adalah hanya aplikasi bawaan, jadi kalau ada aplikasi ketiga silahkan hapus/unistal.

 3. pada beberapa kasus, apabila anda tidak bisa menghapusnya, berarti aplikasi penganggu tersebut memiliki hak administrator

4. untuk menonaktifkannya silahkan masuk ke pengaturan > keamanan > adiminastrator perangkat, kemudian hilangkan tanda centang pada aplikasi yang mencurigakan tersebut.

5. sekarang coba masuk ke manager aplikasi, seharusnya sekarang anda bisa menghapusnya atau meng uninstal nya.

cara keluar dai safe mode

setelah anda selesai membersihkan app tersebut, sekarang anda tinggal keluar dari safe mode. caranya anda hanya tinggal melakukan restart android seperti biasa.


selamat kini android anda telah kembali bersih !


sebelum artikel ini selesai, saya akan memberikan beberapa tips yang semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. saya akan menjelaskan bagaimana caranya agar hp android anda tidak terserang virus dan program jahat lainnya, yang sekali - kali dapat membuat kerusakan pada software anda.

beberapa tips agar terhindar dari virus atau malware lainnya, antara lain:

1. instal antivirus

ini merupakan langkah awal pencegahan agar anda tidak terkena serangan virus. jadi sebelum anda melakukan instal aplikasi apapun, usahakan antivirus sudah terpasang di android anda. selain melindungi, cara ini juga berfungsi menghapus virus yang kerusakannya nya belum parah. lakukan lah snanning dengan jadwal tertentu, misalnya sehari sekali, atau seminggu sekali agar android anda senantiasa dalam keadaan sehat selalu.

untuk aplikasi antivirus yang saya sarankan adalah stuborn trojan killer dan ESET. anda juga bisa menginstal aplikasi 360 security yang terbaru yang bisa anda unduh secara gratis di play store.


baca juga: 5 aplikasi antivirus terbaik 2016

 2. hapus aplikasi yang bermasalah

aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang sudah terinfeksi virus atau malware. ketika anda melakukan scanning, jika anda memasang sebuah aplikasi bajakan pasti akan terpindai. hapuslah aplikasi tersebut agar terhindar dari berbagai gangguan lainnya dan agar android anda tidak mengalami kerusakan yang semakin parah.

3. jangan pasang aplikasi sembarangan

menginstal aplikasi tanpa jelas asal usul nya sangat tidak di sarankan. kita kan tidak tahu, apakah aplikasi tersebut mengandung virus dan malware atau tidak. jadi saya memberikan tips agar anda tidak seenaknya aplikasi dari mana saja. ketika anda membutuhkan sebuah aplikasi, anda tinggal mencarinya di play store yang sudah jelas keamanannya. selain itu juga lebih mudah dari harus mencari dari web/situs.

untuk penjagaan, anda bisa menggunakan salah satu fitur android yaitu cekal aplikasi yang bukan dari play store. untuk melakukannya silahkan masuk ke pengaturan > keamanan dan privasi > sumber tidak dikenal > nonaktifkan.

 itulah beberapa tips agar anda terhindar dari malware atau virus lainnya di android. lakukan tips di atas dengan optimal agar mendapatkan hasil yang maximal.

semoga artikel singkat mengenai cara jitu membersihkan virus bandel di android terbukti berhasil dapat bermanfaat terutama bagi anda yang hp androidnya sedang terkena virus. terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa like dan share. baca juga artikel lainnya mengenai android.

8 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Sya sudh mlakukn smua hal yang di atas tpi ttp virus di hp sya msih ada virus nya berjenis apk instal sendiri.. Gimna ya solusi nya sangat terganggu sya dengan virus trsbut

    ReplyDelete
  3. Sya sudh mlakukn smua hal yang di atas tpi ttp virus di hp sya msih ada virus nya berjenis apk instal sendiri.. Gimna ya solusi nya sangat terganggu sya dengan virus trsbut

    ReplyDelete
  4. Bosan kalah terus di situs judi lainnya??
    Mari bergabung dan buktikan bersama kami KAPAL JUDI , situs judi online terbaik

    dan teraman di Indonesia. Didukung dengan server Bola & Poker terbaik tanpa

    adanya robot dan admin.

    Kelebihan bermain bersama Kapal Judi -->
    > Semua Bank Online 24 Jam (BCA, MANDIRI, BNI, BRI, DANAMON, OVOPAY,

    dan Go-Pay)
    > Layanan LiveChat,Facebook, Twitter, Telegram, Line Dan WA Respon Cepat
    > Proses Deposit & Withdraw Maksimal 3 Menit (Keadaan Bank Normal)
    > Minimal Deposit Terjangkau Rp.50.000
    > Total Bonus Jackpot Hingga Ratusan Juta Rupiah Setiap Harinya
    > Fair Play Tanpa Robot dan Tanpa Admin
    > Rate Kemenangan Tertinggi
    > Bonus Cashback Mingguan
    > Bonus Referral Mingguan seumur hidup
    > Rollingan Casino hingga 0,8%
    > Cukup 1 Userid Bisa untuk seluruh game yang ada di Kapal Judi

    KAPAL JUDI menyediakan banyak game populer Judi Bola, Casino Online, Sabung

    Ayam, Tembak Ikan Joker, Poker Online dll

    Telegram : @KAPALJUDI
    Fanspage : https://www.facebook.com/KAPALJUDI.ASIA/
    Instagram : @kapaljudi88
    Twitter : @KapalAsia88
    Line : Kapaljudi
    WHATSAPP : +85515378728

    - Prediksi Bola dan Togel
    - Mix Parlay
    - Bola Jalan
    - Bandar Bola
    - Bola Online
    - Berita Bola
    - Prediksi Parlay

    ReplyDelete
  5. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabat #windaftar #AgenBandarQ #Domino99 #DominoQQ #88sahabat #88sahabatQQ

    ReplyDelete
  6. izin share ya guys, mau memperkenalkan situs Judi Online Terbaik dan terbesar di indonesia, menyediakan bonus deposit 100% dan hadiah tanpa di undi. silahkan di kunjungi ya guys.
    #SamudraBet #Judionline #Judionlineterpercaya #Judionlineterbaik #Judibola #Slotgames #pokeronline #Livecasino #Sbobet #cmd368 #Maxbet #IDNpoker #Pragmatic #Joker

    ReplyDelete
  7. Saya malah sudah 2x menginstall ulang dan hanya menggunakan 3 aplikasi dasar (google foto, wa & fb) namun toh virus tetap muncul juga.
    Apakah saya harus membuang semua aplikasi dan hanya menggunakan sms dan kalkulator saja?

    ReplyDelete
  8. Kunjungi Situs Slot Online Terpercaya Samudrabet Bonus Deposit 100%

    ReplyDelete