membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Saturday 9 July 2016

5 cara ampuh mengatasi aplikasi force close (keluar sendiri)

force close (aplikasi keluar sendiri) adalah suatu kondisi di mana pada saat kita menjalankan aplikasi kemudian tiba - tiba aplikasi itu keluar sendirinya, biasanya ditandai dengan "sayangnya [nama aplikasi] telah terhenti". 




masalah android yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sudah banyak orang yang mengalaminya, termasuk saya sendiri. dulu ketika saya main game, entah apa lupa lagi namanya, sedang asik - asik nya tuh eh tiba - tiba muncul tampilan seperti di bawah. kan ngga nyaman ya. saya nyoba nyari solusi dari berbagai sumber, setelah beberapa lama akhirnya nemu solusi yang benar - benar mujarab dan berhasil. 

baca juga: buat androidmu mnejadi mouse dan keyboard wireles

oh iya cara ini tidak bekerja pada setiap aplikasi, karena adanya perbedaan kasus dan penyebabnya, cara penanganannya pun akan berbeda. maka dari itu saya tidak hanya akan membagikan cara yang sudah saya gunakan, tetapi juga akan menambah cara lain yang juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi force close, apabila cara yang telah saya gunakan tidak berhasil.




ada banyak faktor penyebab force close. beberapa penyebab aplikasi keluar sendiri antara lain:

1. biasanya force close terjadi karena aplikasi yang anda gunakan sedang dalam tahap uji coba atau beta

2. ketidakmampuan lagi sistem CPU dan RAM untuk menjalankan aplikasi yang anda gunakan sehingga membuat aplikasi mau tidak mau harus terhenti.

3. versi android yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang sedang dijalankan dapat menjadi salah satu penyebab force close.

4. data aplikasi yang corrupt

5. aplikasi yang digunakan mungkin bajakan karena di dapat dari luar


itulah beberapa penyebab aplikasi keluar sendiri (force close) yang biasa terjadi. kalau pengalaman penulis sendiri, force close nya itu di sebabkan oleh data aplikasi yang corrupt, sehingga cara penyelesaiannya pun sangat mudah. nah sekarang setelah anda tahu penyebabnya, mari simak cara - cara mengatasi aplikasi yang keluar sendiri.

5 cara ampuh yang terbukti bisa mengatasi aplikasi yang kelaur sendiri (force close)

1. hentikan aplikasi



cara pertama yang paling mudah adalah dengan menghentikan aplikasi yang force close itu. caranya gampang, masuk ke setting => manager aplikasi => cari aplikasi yang keluar sendiri => paksa berhenti.
cara ini berfungsi untuk merestart aplikasi. sekarang coba masuk ke aplikasi aplikasi terebut, cek apakah berhasil atau belum, apabila belum, pilih cara yang kedua ini.

2. clear data dan cache

nah cara yang ini yang saya lakukan dan berhasil. karena penyebabnya adalah data yang corrupt. sekarang aplikasi tidak keluar sendiri lagi. caranya yaitu masuk ke pengaturan=> manager aplikasi => pilih aplikasi yang force close=> clear data dan clear cache. cara ini memiliki resiko yaitu kehilangan data di dalam aplikasi tersebut.

3. instal ulang aplikasi

jika kedua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah, anda bisa coba cara yang satu ini. yaitu dengan meng instal ulang aplikasi yang memiliki gangguan force close. hapus/uninstal aplikasi tersebut, kemudian anda bisa meng instalnya kembali dari playstore.


4. factory reset

apabila kasusnya parah misalnya aplikasi yang force close itu lebih dari satu, maka anda bisa melakukan cara ini. factory reset berarti mengembalikan smartphone seperti semula, hp android anda akan nampak seperti baru. namun resiko nya yaitu anda akan kehilangan data - data yang cukup penting, seperti kontak, foto, dan semua aplikasi yang di instal. maka dari itu anda perlu melakukan back up terlebih dahulu. bagi anda yang belum mengetahui cara back up apliasi, baca disini. cara melakukan factory reset yaitu masuk ke setting=> cadangan & setel ulang => kembalikan ke pengaturan pabrik=> pilih ya. tunggu beberapa saat, sistem akan mulai memproses nya. cara ini terbilang efektif dan banyak yang sudah berhasil.

5. upgrade

apabila semua cara di atas masih belum bisa mengatasi force close, mungkin anda bisa menggunakan cara ini. beli smartphone baru dengan spesifikasi yang mumpuni, cara ini terbilang ektrem karena membutuhkan uang yang lumayan untuk membeli nya. siap?



demikian artikel tutorial mengenai cara mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri (force close). semoga masalah anda cepat terselesaikan dan bebas menjalankan aplikasi apapun tanpa ada gangguan lagi. apabila ingin memberikan kritik dan saran silahkan isi di bagian komentar di bawah. terima kasih sudah berkunjung.

baca juga: 2 cara membuat android mnejadi wifi modem

1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete