membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Thursday 7 July 2016

cara buat android menjadi mouse dan keyboard laptop/PC lengkap dengan gambar

android adalah salah satu sistem operasi yang paling populer sat ini. OS buatan google ini sukses memasarkan produknya hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. hal ini karena android kaya akan fitur yang canggih, dengan android kita lebih mudah dalam melakukan segala hal, mulai dari bermain game, mengedit foto dan video, sampai mencari pendapatan.

baca juga: mengatasi memori internal yang penuh dan bebas hingga 1 GB

oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menjadikan android sebagai mouse dengan mudah. seperti yang kita ketahui, mouse adalah alat yang sangat berguna karena berfungsi untuk menggerakkan kursor yang mana sangat penting untuk menjalankan aktivitas pada laptop/pc anda.

mungkin anda pernah mengalami kerusakan mouse komputer, atau bagi anda yang mempunyai laptop namun masih belum memiliki mouse, tidak usah khawatir.
kabar baiknya, sekarang android bisa anda jadikan sebagai mouse. ya, dengan adanya fitur terbaru ini kita tidak perlu repot - repot lagi harus membeli alat si penggerak kursor ini. hebatnya lagi, karena mouse menggunakan android, tentu saja tanpa kabel, jadi seolah - olah kita menggunakan mouse wireles yang mana kalau membelinya pasti mahal, bukan?

tentu saja, untuk menggunakan fitur ini, kita membutuhkan aplikasi sebagai jalan penghubungnya. di sini kita akan menggunakan dua cara, itu berarti kita akan membahas dua aplikasi yang bisa membuat android dijadikan sebagai mouse. kedua aplikasi tersebut bernama wifi mouse dan Gpad.

oke kita akan membahasnya satu persatu beserta cara menggunakannya.



2 cara keren buat android menjadi mouse dan keyboard laptop/PC


1. wifi mouse

seperti namanya, aplikasi ini di khususkan untuk membuat android menjadi sebuah mouse. oke langsung saja, kita akan membahas bagaimana android bisa di jadikan sebagai mouse dengan aplikasi mouse server.

  • instal dulu mouse server di pc/laptop anda sebagai penghubungnya nanti. anda bisa mengunduhnya di http://www.necta.us/
  • jika sudah selesai, kemudian jalankan software nya
  • sambil menunggu, silahkan instal aplikasi wifi mouse di android yang bisa anda unduh secara gratis di play store
  • kemudian jalankan aplikasi tersebut
  • akan muncul tampilan seperti di bawah, tekan tombol auoto connect untuk mulai menghubungkan android dengan pc/laptop anda. apabila tidak mulai secara otomatis, anda bisa memasukkan alamat IP laptop/pc anda  secara manual, kemudian tekan connect

  • selamat sekarang android anda telah menjadi mouse di laptop/pc anda. untuk menggerakan kursor, silahkan usapkan jari pada layar android anda.
selain sebagai mouse, aplikasi wifi mouse juga bisa di gunakan sebagai keyboard apabila anda malas untuk mengetik di keyoboard laptop/pc atau jika terjadi kerusakan keyboar pada laptop/pc anda. 

ada juga fitur game mode, yang membuat game di laptop/pc anda bisa dimainkan di android. keren, kan?

namun sayangnya, untuk menjalankan android sebagai mouse dengan aplikasi ini, kedua perangkat (android & laptop/pc) harus terhubung di jaringan wifi yang sama. tapi jangan khawatir, anda bisa menginisialisasi nya dengan wifi tathering hotspot portabel di android.


2. Gpad

apabila anda malas menggunakan cara di atas atau cara tersebut tidak berfungsi, anda bisa menggunakan cara yang kedua ini. caranya tidak jauh beda. simak langkah - langkahnya di bawah ini.

  • instal aplikasi Gpad di android, anda bisa mengunduhnya secara gratis di play store.
  • instal juga software Gpad di laptop/pc anda, yang bisa di unduh di http://www.gpad.mobi/content/en/setup
  • setelah selesai, hubungkan android dengan pc/laptop anda. di sini anda bisa menggunakan kabel USB, bluetooth, maupun wifi. pilih yang menurut anda nyaman digunakan
  • buka software Gpad di pc/laptop anda.
  • jalankan juga aplikasi Gpad di android anda. masuk ke setting kemudian pilih connection type untuk menentukan koneksi mana yang ingin anda gunakan, apakah dengan kabel USB, bluetooth atau wifi.
  • kembali lagi ke menu  setting, pilih menu relevan (bluetooth, wifi, USB) , dan tekan scan
  • apabila muncul permintaan untuk memasukkan alamat IP, silahkan masukkan alamat IP laptop/pc anda.
  • pada menu utama aplikasi Gpad di android, tekan touchpad
  • selesai

sebenarnya masih banyak cara menjadikan android sebagai mouse. namun saya rasa, kedua aplikasi tersebut sudah cukup bagus untuk menjalankannya. selain itu, cara mengunakannya pun mudah sekali. silahkan pilih salah satu cara di atas yang menurut anda relevan dengan keinginan anda.

demikian artikel singkat mengenai 3 cara keren buat android menjadi mouse dan keyboard laptop/PC lengkap dengan gambar. semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba !


baca juga: cara menghemat data di android terbukti berhasil








No comments:

Post a Comment