membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Wednesday 6 July 2016

2 cara mudah membuat android menjadi modem

android kaya akan berbagai fitur yang menarik untuk di coba. selain fungsi utama android untuk sms dan telepon, ada banyak fungsi lainnya yang bisa memudahkan setiap aktivitas yang ingin anda lakukan. salah satunya yaitu menjadikan android sebagai wifi atau modem di laptop maupun komputer.

dengan disematkannya fitur tersebut di android membuat para pengguna android jadi lebih mudah dalam melakukan koneksi internet di laptop/pc.

hal ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang sedang kehabisan kuota, atau bagi anda yang belum mempunyai modem untuk membuat laptop/pc terhubung ke internet. jadi tidak harus selalu mengisi kuota modem kalau seandainya anda sedang menderita penyakit kanker (kantong kering). 

baca juga: 6 aplikasi melukis terkeren di android

selain di jadikan modem laptop/pc, fitur android yang satu ini juga bisa di gunakan sebagai wifi untuk berbagi ke teman sesama pengguna android. itupun kalau anda bersedia berbagi, kalau ngga ya jangan sayang bandwicth anda ntar habis di pake download sama teman.

bagi anda yang penasaran, di sini saya akan membahas cara membuat android menjadi modem dengan mudah. sebenarnya ada dua cara untuk melakukannya, yang pertama yaitu wifi tathering, cara yang satu ini mudah sekali untuk digunakan, kemudian cara yang kedua menggunakan USB tathering, yakni dengan menggunakan kabel USB, cara ini di peruntukan bagi anda yang memiliki laptop/pc tanpa ada fitur wifi.

oke kita akan membahasnya satu persatu tentunya beserta langkah - langkah menggunakannya.

2 cara termudah membuat android menjadi modem lengkap gambar


1. dengan wifi tathering

seperti yang telah saya singgung di atas, cara itu sangat mudah untuk dilakukan. dengan cara ini, kita bisa menjadikan android sebagai modem yang bisa dipakai untuk lebih dari 1 perangkat, baik itu perangkat komputer, laptop, maupun sesama smartphone.

hal yang harus diperhatikan adalah pastikan android anda sudah mempunyai paket internet dan usahakan jaringannya berada pada jaringan HSPA atau 3G, ya minimal jaringan edge agar tidak mengalami lelet pada saat nanti internetan di laptop atau komputer.

langsung saja, simak langkah - langkahnya di bawah ini. di sini saya contohkan menggunakan hp android oppo joy plus. bagi anda yang menggunakan merek lain sesuaikan saja, oke.

  • buka setting atau pengaturan di android anda
  • kemudian tekan lainnya



  • pada bagian penambatan jaringan, silahkan pilih hotspot pribadi





  • di bagian pojok kanan atas, silahkan tekan seperti pada gambar di bawah untuk mengaktifkan wifi hotspot tersebut.
  • untuk menjaga keamanan agar wifi anda tidak digunakan oleh orang lain, silahkan tekan pengaturan nama/sandi.





  • tekan segitiga berbentuk kecil kebawah untuk memilih tipe keamanan sesuai keinginan anda




  • di sini saya menggunakan Enkripsi (keamanan) WPA2 PSK, kemudian masukkan sandi, minimal 5 karakter. pilih simpan.




  • sekarang buka wifi di laptop/pc anda, akan muncul jaringan wifi dari android anda. silahkan pilih connect untuk menghubungan wifi hotspot dengan pc/laptop anda.


  • selamat sekarang android anda telah menjadi modem laptop atau komputer. silahkan menikmati internet anda sepuasnya sampai kuota di hp android habis.
2. dengan menggunakan USB tathering

cara ini saya berikan bagi anda yang tidak mempunyai fasilitas wifi di laptop/pc nya. yang dibutuhkan di sini adalah tentu saja kabel USB, beserta android yang sudah memiliki paket internet.

simak langkah - langkahnya berikut ini.

  • masuk ke setting atau pengaturan
  • di bagian wireles dan jaringan, pilih lainnya


  • kemudian seperti biasa, pilih hotspot pribadi
  • nah pada bagian ini, karena USB telah turhubung, maka dari yang tadinya tidak bisa di aktifkan sekarang jadi bisa, silahkan aktifkan.
  • lihat jaringan di laptop, akan muncul network, itulah adalah jaringan dari android. silahkan hubungkan (connect)
  • selesai




itulah dua cara membuat android menjadi sebagai wifi atau menjadi modem. yang terpenting adalah jangan boros memakai kuota karena sayang uang terkuras hanya untuk internetan saja.

baca disini: cara ampuh menghemat data di android

oke mungkin sampai disini dulu artikel mengenai cara menjadikan android sebagai modem. sampai jumpa dan selamat mencoba!








No comments:

Post a Comment