membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Tuesday 5 July 2016

3 jenis bootloop dan cara mengatasinya di android

hadirnya operating sistem android tak luput dari yang namanya masalah. semakin bertambahnya berbagai tipe android dari kelas bawah sampai kelas atas masih saja harus menghadapi berbagai masalah yang timbul. salah satu masalah android antara lain adalah bootloop. biasanya masalah ini sering dikeluhkan oleh pengguna android yang pernah melakukan operasi atau mengutak - ngatik sistem android, seperti halnya melakukan rooting yang gagal, terdapat kesalahan pada saat menggunakan firmware, gagal upgrade, dan lain sebagainya.

baca juga: inilah aplikasi android terkeren untuk melukis





Pengertian bootloop 

bootloop sendiri diartikan sebagai proses booting berulang. bootloop adalah sebuah keruksakan yang dialami oleh sistem android dimana pada saat kita menghidupkan android tampilnya itu hanya sampai pada logo nya saja, tidak mau masuk ke menu home. bootloop terjadi terus menerus secara berulang - ulang, mati hidup lagi, mati hidup lagi dan begitu seterusnya, meskipun anda mencoba untuk me-restart atau mencabut baterai nya, namun tetap saja ketika menghidupkanya kembali, yang ada hanya sampai pada logo saja. ketika anda menemui masalah ini jangan panik dulu, sebelum smarthphone kesayangan anda di bawa ke tempat service center, ada baiknya terlebih dahulu mencoba cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah bootloop tersebut yang akan dibahas pada artikel kali ini.


3 jenis bootloop dan cara mengatasinya

sebelum anda mencoba mengatasi bootloop ada baiknya ada mengetahui dulu berbagai jenis masalah bootloop ini. berikut adalah jenis jenis bootloop berdasarkan tingkat kesulitannya.

1. Android light bootloop

android light bootloop merupakan proses booting  secara tiba - tiba yang berdampak black screen sementara atau hanya tampil sampai logonya saja. biasanya terjadi pada saat pemakaian normal, yang hanya disebabkan oleh kesalahan instal aplikasi, bermain game, atau mengutak - atik sistem utama. ketika anda menemukan masalah seperti ini, anda tidak perlu khawatir karena sangat mudah kok mengatasinya.

cara mengatasi : tekan tombol power selama kurang lebih 8-10 detik. maka android otomatis me-restart dan menyala seperti biasanya. apabila tidak berhasil, cobalah untuk mencabut baterainya selama beberapa detik, kemudian pasang kembali. coba nyalakan android anda.

2. Android medium bootloop


masalah booting android ini terjadi akibat pengguna android yang mencoba merubah sistem dengan cara masuk ke sistem recovery.  sistem recovery adalah suatu menu android yang dapat kita gunakan untuk mengatasi berbagai masalah dan gangguan yang terjadi namun penyalahgunaan sering terjadi seperti contohnya melakukan rooting, menginstal script, dan lain sebagainya. hal ini dapat berakibat pada terjadinya bootloop atau booting yang berulang - ulang.



cara mengatasi: cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan backup data recovery imgae dan file recovery  CWM aslinya. cara ini membutuhkan laptop/PC sebagai medianya. jika sebelumnya anda pernah membackup data ROM maka akan lebih mudah dan peluang keberhasilannya tinggi. tapi jika belum juga jangan khawatir, anda bisa googling terlebih dahulu untuk mencari data recovery khusus yang sesuai dengan tipe android anda.

3. Android hard booting

jenis masalah booting ini adalah yang paling sulit, karena booting yang terjadi cukup parah, hal ini biasanya terjadi karena pengguna android yang mencoba melakukan upgrade operating sistem, atau juga disebabkan karena penggantian stock ROM yang berujung pada proses booting yang tidak normal dan hanya sampai pada logo android saja.

cara mengatasi: jika memang anda melakukan hal - hal yang telah disebutkan diatas, anda bisa menggunakan metode factory reset untuk mengatasinya. namun ini akan menghapus semua file termasuk aplikasi yang telah tersimpan di android anda.




caranya, tekan tombol volume down + power dalam beberapa detik, maka akan muncul mode recovery. pilih "wipe data/factory reset", ini akan memakan waktu beberapa saat, setelah selesai, pilih "reboot sistem now".

keterangan:


  • volume down : untuk scrool ke bawah
  • volume up: untuk scrool ke atas
  • home: untuk memilih
oh iya cara di atas  adalah ketika saya mempraktekannya di hp htc. biasanya nya kalau beda tipe hp, maka cara masuk ke mode recovery nya akan beda lagi. anda bisa menggunakan cara yang lainnya seperti:


  • tombol volume up + power
  • tombol volume up/down + power + home
baca disini jika ingin menggetahui lebih lengkap mengenai cara masuk recovery mode tiap hp, scrool saja kebawah.


sebenarnya cara - cara diatas sudah cukup ampuh untuk mengatasi bootloop. jika anda sudah mencoba mengatasinya dengan cara tersebut namun tidak berhasil, anda bisa menggunakan solusi yang terakhir ini, yaitu melakukan flashing.

flashing adalah melakukan instal ulang pada sistem android anda. sekali lagi solusi ini adalah solusi yang terakhir apabila ketiga cara diatas benar - benar tidak berhasil.

cara mengatasi bootloop dengan flashing

pertama, hubungkan android laptop/pc. sebelumnya anda laptop/pc anda harus sudah terinstal flashtool. anda bisa mendownload nya di google atau situs resminya. buka software flashtool tadi, kemudian lakukan flash seperti biasa, saya sarankan dengan menggunakan ROM Stock Soni Xperia 10 mini pro FTF. jika berhasil, maka android akan start up seperti biasa.

apabila anda takut atau khawatir cara ini tidak berhasil, anda bisa menggunakan jasa flashing ke service center atau counter terdekat.

demikianlah artikel mengenai 3 jenis bootloop dan cara mengatasinya. semoga anda berhasil dengan melakukan cara - cara di atas. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa like dan share.

baca juga: 21 kode rahasia android yang harus anda ketahui




1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete