membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Friday 1 July 2016

2 cara lacak android yang hilang terbukti berhasil

beberapa waktu lalu saya telah membahas mengenai ...
nah sekarang saya akan berbagi cara melacak keberadaan android yang hilang yang insyallah bermanfaat bagi para pembaca sekalian. khusus  bagi anda yang sedang mengalami kehilangan smartphone kesayangan anda, jangan khawatir karena ada cara yang ampuh agar anda bisa menemukan kembali smartphone yang hilang tersebut.




berbagai cara kita tempuh untuk mencari smartphone yang hilang. entah dengan mencarinya secara manual seperti pergi ke tempat yang pernah di lalui atau pun dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi terkini . yang namanya kehilangan android, mungkin sudah gk jaman kalau harus mencarinya secara manual. oleh karena itu mari kita gunakan cara yang lebih efektif yakni dengan memanfaatkan situs atau dengan aplikasi android itu sendiri. 

dengan cara itu, kita akan lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan smartphone android yang hilang dengan sangat akurat. disini saya akan memberitahu tiga cara menemukan android yangg hilang. tiga cara ini sudah lulus uji coba dan hasilnya terbukti efektif dan android anda pun mudah untuk di temukan. oke langsung saja mari simak


2 cara lacak android yang hilang terbukti berhasil



di sini kita akan memanfaatkan beberapa layanan baik itu situs dan aplikasi, yakni Android Lost dan Android Device Manager


1. Android Lost 

yang pertama kita akan gunakan Android Lost yang merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk menemukan smartphone android anda. 

temukan android hilang dengan android lost

dengan app ini kita bisa membuat smartphone anda berdering, mengunci perangkat, menghapus data,  membaca SMS, mengambil gambar baik dari kamera depan maupun belakang, dan masih banyak lagi. jika anda ingin melacak smartphone android dengan aplikasi ini, pastikan bahwa android anda sudah terhubung ke internet dan akun google sudah tersimpan di dalamnya.




app ini memliki kakuratan yang lumayan bagus, rekomendasi untuk keamanan karena rating nya pun sudah tinggi dan sudah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna di seluruh dunia. untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa mengunduhnya di play store secara gratis. selamat mencoba!

nah bagi anda yang tidak ingin memasang aplikasi, anda bisa menggunakan layanan ADM yakni situs pendeteksi smartphone android. 


2. Android device manager



ADM (Android device manager) adalah sebuah situs buatan google yang berfungsi melacak android yang hilang. syaratnya android anda harus sudah mempunyai akun google dan sedang terhubung ke internet. untuk mengakses situs ini bisa dilakukan menggunakan laptop/pc maupun smartphone android. 

cara melacak android yang hilang dengan Android device manager

untuk penggunaanya, cukup mudah

1. anda hanya perlu membuka browser kemudian masukkan alamat berikut https://www.google.com/android/devicemanager .

2. anda akan diminta untuk memasukkan alamat email beserta password yang sama yang telah tersimpan di android anda yang hilang

3. jika anda mengaksesnya di PC/laptop maka akan muncul halaman baru seperti di bawah. tapi dari smartphone pun tidak jauh berbeda. 





4. disana ada 3 pilihan. hal pertama kali yang harus dilakukan adalah mengunci perangkat android anda agar tidak bisa di buka oleh siapapun yang menemukannya. 

silahkan klik kunci untuk menguncinya, anda akan diminta memasukkan password atau pin, masukkan password ataupun pin yang cukup sulit namun awas jangan sampai lupa. jadi saya sarankan catat agar tidak mengalami hal - hal yang tidak diinginkan nantinya.

selain itu, anda juga bisa membuat pesan tertentu yang akan muncul di layar android yang anda lacak. hal ini berguna untuk menyampaikan pesan kepada siapapun yang menemukan smartphone anda agar mengembalikannya. masukkan juga nomor telepon agar orang yang menemukan android anda tersebut bisa menghubungi anda.

anda bisa melihat contohnya di bawah ini. langsung saja klik kunci.



5. jika telah sukses mengunci perangkat android anda, di ADM anda akan melihat posisi android anda sekarang sedang dimana, dengan cara meng klik icon GPS yang berada di kanan atas. jika sudah, mari kita mulai mencarinya. setelah anda mengetahui posisi android anda dimana dan apabila sudah di rasa dekat dengan posisi android anda, gunakan fitur deringkan untuk membuat smartphone anda berdering, jangan khawatir jika android anda dalam keadaan silent mode, karena dengan fitur tersebut android anda akan otomatis berdering dengan volume yang full. 

lakukan beberapa kali jika masih masih belum terdengar dan lihat rekasi orang - orang di sekitar anda, apakah ada yang terlihat mencurigakan? karena dengan berdering nya android anda maka mereka akan gelisah karena takut tertangkap, mereka akan terlihat panik dan mencoba untuk mematikan android anda. 


6. jika sudah ketemu, silahkan buka android anda yang telah terkunci dengan cara memasukkan password yang tadi anda masukkan di situs ADM. selamat sekarang smartphone anda telah kembali ke pelukan tangan anda.

perlu diketahui, seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa android anda harus dalam keadaan sedang terhubung ke internet, dan GPS dalam android yang hilang tersebut harus sudah aktif. jika tidak, maka akan sedikit sulit bagi Android Device Manager untuk melacak keberadaan android anda.

apabila android anda tidak telacak karena GPS nya tidak aktif, dan anda sudah lelah mencarinya kemana - mana dan hanya mendapatkan hasil yang nihil, maka hal satu - satunya yang terbaik adalah dengan jalan menghapus semua data yang ada pada android yang hilang tersebut. ini berfungsi agar berbagai data pribadi seperti foto, video dan file lainnya yang telah tersimpan tidak di salah gunakan oleh penemu android anda.

caranya adalah dengan memilih fitur hapus di situs Android Device Manager. 

mungkin sebelum ditutup, saya akan memberikan tips agar hal yang sama tidak terulang kembali. ini merupakan hal yang penting dan meminimalisir jikalau anda membeli smartphone baru lagi. 

  • selalu menjaga dengan baik android kesayangan anda. apabila anda ingin menyimpannya, simpan lah di tempat yang biasanya, jangan di sembarang tempat.
  • aktifkan GPS selalu agar apabila terjadi kasus seperti ini lagi (mudah - mudahan tidak) anda bisa langsung mendeteksinya
  • kunci selalu android anda, baik itu dengan pola, pin, atau pun sandi.
  • gunakan fitur Remontely Locate This Device dan Allow Remote Lock and Factory Reset.
caranya, masuk ke aplikasi google setting, kemudian pilih menu Android device Manager. centang opsi Remontely Locate This Device dan Allow Remote Lock and Factory Reset.

itulah 2 cara lacak android yang hilang terbukti berhasil. semoga android anda cepat ketemu dan selamat mencoba!


















No comments:

Post a Comment