membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Wednesday 29 June 2016

10 cara ampuh mengatasi android yang cepat panas

datangnya smartphone baru dengan sistem operasi android telah merajai pasar dunia, ini di karena kan canggihnya berbagai fitur yang di tawarkan oleh sistem operasi buatan google ini. namun dibalik itu, ada kelemahan tersendiri di android, semakin kesini berbagai masalah yang timbul semakin kompleks, salah satunya yaitu android yang sering mengalami panas. tapi tenang, maslah ini cukup gampang kok untuk di atasi. panas pada smartphone android adalah hal yang wajar, karena memang setiap ponsel juga pasti mengalaminya, baik itu android, iphone, maupun sistem operasi lainnya.

baca juga: cara ampuh mempercepat koneksi internet di android

nah yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana jika android cepat panas dan bahkan panas yang berlebihan? nah ini yang tidak wajar, masalah ini harus benar - benar di atasi karena dapat menyebabkan android semakin parah, jangan sampai di diamkan karena fatal akibatnya, seperti dalam beberapa kasus panas berlebih pada android dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan meledak. anda tidak mau bukan jika hal itu terjadi? maka dari itu anda tepat berada di sini sekarang karena di artikel kali ini saya akan membahas mengenai mengapa dan apa solusi android yang sering panas berlebihan.





 panas pada android pada  umumnya berasal dari baterai, karena baterai lah yang bekerja keras untuk menjalankan sistem operasi. namun ada juga panas nya smartphone android disebabkan oleh faktor luar, seperti misalnya terkena paparan sinar matahari, suhu udara yang tinggi, dan lain - lain. beberapa penyebab android cepat panas antara lain sebagai berikut.

1. menjalankan aplikasi atau game berat, sehingga membuat CPU dan RAM harus bekerja lebih keras lagi, apalagi ditambah spesifikasi android yang digunakan tidak memadai alias rendah.

2. menggunakan android ketika di charge

ini kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pengguna android, mereka tanpa sadar memainkan gadget pada saat baterai di cas. padahal penggunaan android ketika di charge   sangat tidak di sarankan karena dapat membuat baterai menjadi panas, menggembung bahkan sampai terjadi kebocoran.

3. terkena paparan sinar matahari

penyebab ketiga android cepat panas adalah terpapar sinar matahari. penggunaan atau menyimpan android di bawah sinar matahari secara terus - menerus dapat android tersebut mengalami panas yang berlebih bahkan bisa saja meledak.

4. disimpan ditempat yang panas

kesalahan pengguna android salah satu nya menyimpan gadget nya sembarangan, seperti misalnya disimpan di atas tv, di dekat oven atau kompor, atau karena suhu udara yang memang panas.

5. usia baterai yang sudah tua

ini merupakan faktor yang tidak bisa dihindari, penggunaan baterai dalam jangka waktu yang lama tentu saja akan membuat baterai lelah dan akhirnya rusak. karena segala sesuatu pasti ada batasnya. jangankan baterai, manusia aja kalau sudah tua pasti ada gangguan, ya toh.

6. sinyal yang tidak stabil juga dapat menjadi pemicu android cepat panas.

dari beberapa penyebab diatas, penyebab android anda menjadi pasti masuk ke salah satunya. nah karena penyebab nya berbeda - beda, maka cara mengatasi nya pun pasti berbeda. coba simak dibawah cara mengatasi android cepat panas.


10 cara mengatasi android cepat panas


1. istirahatkan smartphone anda

cara pertama yang paling mudah yaitu dengan mengistirahatkannya. cobalah untuk berhenti menggunakan android secara - terus menerus. restart android anda dan diamkan beberapa saat.

2. jangan menggunakan android ketika di charge

seperti yang telah disebutkan di atas, menggunakan android ketika di charge dapat membuat android cepat panas, bahkan menyebabkan kebocoroan. contoh penggunaan yang buruk adalah menelpon dan browsing pada saat pengisian, kedua hal tersebut dapat membuat baterai cepat rusak karena banyak menguras baterai.


3. jangan menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu

menjalankan banyak aplikasi sekaligus dapat membuat kinerja RAM dan CPU terkuras sehingga baterai lebih cepat panas. apalagi dengan spesifikasi android yang low. cara terbaiknya adalah tidak menjalankan aplikasi terutama aplikasi dan game berat, dan hentikan aplikasi yang berjalan di background.

4. jauhkan dari tempat yang panas

cara yang keempat adalah dengan menyimpan atau menggunakan android ditempat yang sejuk. anda juga bisa menggunakan AC agar lebih dingin dan tidak membuat android cepat panas.

5. matikan koneksi data jika tidak digunakan


selain menghemat baterai, mematikan data koneksi juga membuat android tidak cepat panas. karena salah satu penyebab android mengalami panas adalah tidak stabilnya jaringan, maka cara ini bisa anda lakukan.

6. ganti baterai

cara terakhir mengatasi android yang cepat panas adalah dengan menggantinya dengan yang baru. usahakan pada saat membeli baterai baru bukan dari merk lain, harus original agar tidak terjadi bentrokan atau kerusakan pada sistem android anda.

masalah android ini kerap terjadi dan menganggu para pengguna android. beberapa cara diatas dapat menjadi solusi nya agar android tidak mengalami panas yang berlebih atau lebih cepat panas.
tips dari saya, apapun jenis android anda, jangan menggunakannya secara terus menerus. apabila android anda mulai terasa panas, segera hentikan pemakaian dan lakukan lah restart. biarkan dalam 30-60 menit atau sampai benar - benar dingin kembali. ini dapat membuat baterai anda kembali normal. anda juga bisa menggunakan aplikasi sebagai sarana untuk mengecek suhu baterai anda.

akhir kata, semoga segala permasalahan yang sedang anda hadapi cepat terselesaikan terutama masalah android yang dibahas pada artikel ini. terima kasih telah berkunjung, jangan lupa like and share.

baca : gunakan cara ini untuk menghemat data di android anda
          cara saya mengatasi android yang tercebur kedalam air





No comments:

Post a Comment