membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Wednesday 29 June 2016

berhasil!! cara saya mengatasi android tercebur kedalam air

siang sob, siang - siang gini enak nya minum jus ya, tapi sayang lagi puasa :D
oke, sekarang saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana saya mengembalikan android yang tercebur, hingga bisa menyala dan normal kembali. pengalaman ini saya dapat pada saat mengikuti sebuah acara di sekolah. tepatnya pada saat pelantikan suatu organisasi. yang namanya pelantikan tau sendiri kan gimana jahilnya, sampai - sampai saya di ceburkan ke dalam air dan tanpa sadar android saya ada di saku celana, akhirnya ya udah android saya ikut masuk kedalam air dan mati.

baca: cara ampuh mempercepat koneksi internet di android

nah dari situ, saya bingung, android harus di apain supaya kembali menyala dan normal. kemudian saya mencari cara dari berbagai sumber, cukup pusing juga, karena jawaban dari setiap sumber ternyata berbeda - beda. karena terlalu banyak informasi, akhirnya saya pilih yang mencoba memodifikasi cara nya hingga saya menemukan cara saya sendiri.





setelah saya mencoba beberapa langkah dan meskipun harus menunggu lama, tapi cara ini efektif dan berhasil membuat android saya kembali normal. oke langsung saja, simak langkah - langkahnya dibawah ini.

#1 menggunakan cara saya sendiri

pertama, jangan dulu menyalakan android anda, karena air masih ada dalam smartphone dan jika anda mencoba mengaktifkannya, maka akan terjadi kosleting arus listrik yang bisa membuat android mengalami kerusakan yang fatal.

kedua, cabut baterai, SIM CARD, Kartu SD dari smartphone. hal ini berfungsi agar baterai tidak mengalami kebocoran atau kerusakan, dan SIM CARD serta kartu SD tidak rusak.

ketiga, untuk membuat hp anda kering, dan membuang cairan yang ada dalam sistem, masukkan lah hp anda kedalam beras beserta baterai nya.


keempat, diamkan selama - lamanya selama 10 - 15 hari. waduh lama juga ya, iya emang karena supaya air yang ada dalam hp benar - benar kering. itu sih pengalaman saya, kembali lagi ke hp nya,tergantung dari kekuatan hp itu sendiri, mungkin bisa lebih cepat, atau bahkan lebih lama dari saya. tapi itu yang saya sarankan, jangan sekali - kali mencoba mengaktifkan smartphone sebelum di hari yang telah ditentukan, kecuali anda memang tau betul tentang smartphone anda.

kelima, masukkan baterai ke dalam hp, sekarang coba untuk menghidup kembali android anda, dalam hal ini, akan ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama jika berhasil maka android akan aktif seperti biasa. berarti anda hanya membutuhkan lima langkah, namun jika belum berhasil, android akan botloop, maksudnya aktifnya hanya sampai pada tampilan ketika menghidupkan layar, kemudian akan mati lagi. saya pun kasus nya begini, jika kasus nya seperti ini maka gunakan langkah keenam.

 keenam, cabut kembali baterai dari hp, diamkan lah selama 20 hari lebih. tapi bukan di dalam beras, melainkan ditempat biasa yang suhu nya normal atau agak dingin. kalau saya sih di simpan di rak kaca. terserah anda mau di mana asal jangan di toilet.

ketujuh, sekarang masukkan kembali baterai ke hp anda, dan coba nyalakan. dan, jreng jreng jreng sekarang android anda nyala kembali, dan bisa dipakai seperti semula.

sampai pada langkah ini, saya sudah berhasil mengembalikan hp yang semula mati karena tercebur air,  sekarang normal kembali, dan bisa dipakai buat bbm an, facebookan, main coc dan lain - lain.


apabila anda tidak berhasil pada tahap ini, atau anda tidak mau repot - repot menunggu. anda mungkin bisa menggunakan cara lain selain cara saya yang di atas. cara yang lainnya adalah

#2 pergi ke tempat service

cara ini bisa anda pakai jika anda tidak mau menggunakan cara yang diatas, karena tidak mau lama. hanya saja dikenakan biaya untuk perbaikannya. dan itu pun kalau si tukang service sanggup untuk memperbaikinya. asal anda tahu saja, saya juga pernah membawa android saya yang mati ini ke tempat service, dan apa yang dia bilang, "saya sudah cek barusan menggunakan alat penghantar listrik khusus hp dan hp ini tidak merespon, jadi saya simpulkan bahwa hp ini sudah tidak bisa tertolong lagi". tapi nyatanya, sekarang hp saya kembali normal toh setelah menggunakan cara saya sendiri.

#3 beli smartphone baru 

mungkin cara ini adalah yang terakhir yang bisa anda lakukan jika kedua cara di atas gagal. beli smartphone baru adalah solusi terakhirnya, namun anda harus mempersiapkan budget yang cukup atau lebih jika anda ingin memiliki smartphone yang spesifikasi nya mumpuni.

oke sampai di sini dulu sharing nya, mudah - mudahan bermanfaat dan semoga android anda kembali sembuh ya. apabila ada perbedaan pendapat mohon dimaklumi karena ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa like and share.

baca juga: cara menghemat baterai di android terbukti berhasil



3 comments:

  1. siang mas..
    makasih ya infonya,,
    jadi intinya di keringin dulu sekering kering nya ya,,,


    :( harus sabar bar bar bar

    kalo mas deris mau lihat2 mobil nissan sambil nunggu androidnya sembuh bisa mampir ke sini

    http://nissancikarang.net

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama sama, terima kasih juga telah berkunjung. baca juga artikel lainnya.

      sudah saya kunjungi gan.

      Delete