membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Wednesday 29 June 2016

cara ampuh mempercepat koneksi internet di android dengan mudah

internet menjadi hal yang lumrah saat ini, dengan internet kita lebih mudah untuk mendapatkan informasi, berbagi hal yang menarik, termasuk mencari sarana hiburan. namun di sisi lain, masih ada saja yang mengalami kendala terhadap koneksi internet. entah itu koneksi internet yang tidak stabil, koneksi internet yang lelet, bahkan ada kecepatan hanya sampai 5 kb per sekon nya.




ya memang, hal itu tidak bisa di pungkiri, mengingat bahwa indonesia merupakan negara dengan koneksi internet terlambat di dunia, jadi pantas saja jika masih banyak orang indonesia yang masih harus menghadapi masalah mengenai koneksi yang lambat terutama bagi para pengguna android.

baca juga: cara terbaru mengatasi mengatasi android download aplikasi sendiri

memiliki kecepatan internet yang stabil, browsing super cepat, dengan kecepatan 1 GB per sekon itu adalah impian setiap orang indonesia yang suka menggunakan internet termasuk saya. iya lah kalau memang ada kecepatan sampai batas seperti itu di daerah saya mungkin sekarang saya merasa sedang berada di surga dunia. surfing berselancar dengan mudahnya wuih. namun sebelum menghayal terlalu jauh, kita balik lagi ke tema, cara mempercepat koneksi internet di android.


tahukah anda, bahwa anda bisa mempercepat koneksi internet di hp android anda? kecepatan internet itu bisa anda optimalkan, bahkan dengan cara yang mudah. namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya. sehingga kecepatan koneksi nya itu itu saja, tidak ada perubahan.

bagi anda yang masih bingung atau belum tahu cara mempercepat koneksi internet di android anda, saya akan share berbagai tips dan trik nya. langsung saja simak



6 cara ampuh mempercepat koneksi internet di android dengan mudah




1. gunakan provider tercepat di daerah anda

kecepatan koneksi  internet tiap daerah berbeda - beda tergantung pada provider yang memberikan jaringan. jadi salah satu cara mempercepat koneksi android anda adalah dengan mengganti atau berpindah ke kartu yang lebih baik dan lebih cepat koneksinya. anda bisa bertanya kepada teman atau pun ke counter terdekat mengenai provider tercepat di daerah anda atau apabila ingin memastikan anda bisa mencoba beberapa SIM card sehingga lebih akurat hasilnya.

contohnya seperti saya sendiri, sebelumnya saya menggunakan provider telk*msel dengan paket tertentu untuk mengakses internet, namun kecepatannya lambat sekali, kalau tidak salah hanya sampai 25 kb per sekon. jadi saya mencoba bertanya pada counter terdekat, kecepatan internet paling cepat di sini apa, ia menjawab katanya tri. setelah saya coba, waw memang benar, jaringan nya berubah menjadi H+ dan hanya diperlukan beberapa detik saja untuk meload satu halaman.

2. gunakan browser yang paling cepat

selain provider yang kita gunakan, kecepatan koneksi internet juga dipengaruhi oleh browser yang kita gunakan untuk mengakses internet. biasanya semakin tinggi ukuran suatu aplikasi, maka akan semakin berat dan akan lambat pula pada kecepatan koneksi nya. walaupun tidak semua.

kalau saya sendiri biasanya menggunakan opera mini sebagai sarana untuk mengakses internet, selain ringan juga cepat loadingnya karena opera mini bisa mengompres data yang di load lebih kecil hingga 50%, karenanya apabila anda menggunakan opera mini maka keuntungan yang didapat tidak hanya lebih cepat loadingnya, tetapi juga lebih hemat data.
selain menggunakan opera mini, browser yang cepat lainnya adalah UC browser dengan kecepatan unduhan yang luar biasa.

3. aktifkan 3G/WCMDA Only


anda bisa mengunci jaringan hanya di 3G sehingga kecepatan internetnya stabil tidak berpindah - pindah ke jaringan edge. cara ini adalah yang terbaik bagi anda yang tinggal di daerah kampung atau desa. namun tidak menutup kemungkinan bagi anda yang tinggal di daerah kota jaringan nya masih tidak stabil. cara mengaktifkannya yaitu masuk ke pengaturan > lainnya > jaringan seluler > jenis jaringan yang dipilih > 3G/HSPA Only

atau jika tidak ada opsi ini, anda bisa mengaktifkannya dengan cara: pada telepon tekan *#*#4636#*#*

akan muncul sebuah tampilan, silahkan pilih informasi telepon/informasi perangkat, kemudian pilih 3G/WCMDA Only.


4.hapus cache browser

salah satu faktor mengapa koneksi internet lelet adalah cache yang ada dalam browser. usahakan untuk rutin menghapus cache pada browser anda agar kecepatan internet meningkat. caranya masuk ke pengaturan > manager aplikasi > pilih aplikasi browser anda > hapus cache. apabila ingin lebih simpel dan cepat serta ingin sekalian menghapus cache file lainnya anda bisa menggunakan sebuah app pembersih cache yaitu CCleaner. app ini bisa menghapus semua cache pada android secara sekaligus


5. nonaktifkan fitur tathering hotspot portabel

fitur ini memang menawarkan kebaikan kita untuk berbagi bandwith pada perangkat lainnya, namun jika ini dilakukan terlalu sering akan membuat koneksi anda semakin melambat. apabila kurang diperlukan sebaiknya nonaktifkan fitur tersebut dengan cara setting > jaringan seluler > wifi hotspot portabel > nonaktif.

6. hentikan aplikasi di background dan nonaktifkan sync di android

sinkronisasi di latar belakang entah itu aplikasi medsos/chatting/lainnya, maupun layanan gmail atau lainnya tanpa kita sadari akan terus berjalan  sehingga tidak hanya kuota data yang tersebut, tetapi juga memperlambat koneksi internet anda. maka dari itu penting untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang juga menonaktifkan sinkronisasi otomatis. untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang masuk ke setting > manager aplikasi > hentikan aplikasi. dan untuk menonaktifkan sinkronisasi otomatis silahkan masuk ke setting > akun & sinkronisasi > nonaktifkan sinkronisasi otomatis.

7. udah sih itu aja

dari judulnya kan 6 cara ampuh mempercepat koneksi internet di android dengan mudah bukan 7. cara - cara di atas di rekomendasikan karena sudah terbukti berhasil jadi anda tidak usah khawatir lagi dengan lambatnya koneksi internet android anda.  lakukan cara - cara di atas dengan baik dan se optimal mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

oh iya apabila dalam android anda tidak ada fitur 3G/WCDMA Only berarti memang android ada belum memiliki nya dan android anda tidak bisa  meningkatkan jaringan ke 3G. jadi mau tidak mau anda harus mengupgrade smartphone anda, belilah smarthphone baru apabila anda ingin benar - benar meningkatkan kecepatan jaringan internet anda.
apabila ada perbedaan mengenai letak posisi tampilan android mohon di maklumi karena setiap android dengan berbagai tipe pasti akan berbeda tampilannya. silahkan sesuaikan saja.  jika anda tidak menemukannya silahkan bertanya di kolom komentar di bawah.

oke selamat mencoba dan semoga berhasil !

baca juga: mengatasi tidak bisa instal aplikasi di android
                 21 kode rahasia di android yang harus kamu ketahui

No comments:

Post a Comment